2015-06-30

Sistem PPDB Online 2015 Kota Bogor Yang Menegecewakan

PPDB online
Image by google
PPDB online memang memiliki dampak positifnya, tapi banyak sekali kendalanya yang sedang dihadapi calon pendaftar. Panitia PPDB kota bogor saya yakin sudah berusah semaksimal mungkin untuk mengatasi PPDB tahun ini. Tapi apa boleh buat, kinerja maksimal panitia PPDB yang sudah maksimal itu bisa dibilang sangat mengecewakan.

Pasalnya webnya yang beralamat di kotabogor.ppdb.kemdikbud.go.id itu selalu down atau susah diakses. Banyak sekali kejadian error saat ingin mencoba masuk ke web tersebut. Saya yang berusaha mencoba mendaftarkan teman saya. Saya stay di depan komputer saya pada hari awal dibukan PPDB online yaitu tanggal 29 Juni 2015 dan pada jam 08.30, saya coba masuk situsnya banyak sekali hambatannya seperti error dan servernya yang down.

Saya coba terus sampai jam 13.00, ternyata sudah mulai agak lancar, pas mau klik login malah error. Saya mencoba mencari info tentang PPDB kota bogor dan ketemu suatu topik berita yang berjudul "PPDB online Hari Pertama di Kota Bogor Kacau" saya baca berita tersebut di tribunnews (cek disini) diberita tersebut dituliskan bahwa para orang tua dan para siswa yang ingin berusaha mendaftar membanjari kantor dinas pendidikan karena saat dirumah mencoba webnya sulit untuk diakses.

Daripada saya nungguin kelamaan, lantas saya bermain game untuk menunggu kepastian kapan sistunya itu benar. Nah, pas magrib dan pas enaknya sedang berbuka puasa, saya coba iseng masuk situs tersebut ternyata lancar. Saya klik login ternyata masih lancar. Saya coba masuk dan login ternyata bisa. Saya pas mau milih pilihan pertama sekolah, saya merasa kebingungan "kok nilai UN yang tertera disitus tersebut dan yang asli berbeda jauh" saya disitu sangat kebingungan kenapa bisa begini. Lantas yang tadinya mau mencoba mengambil pilihan satu, jadi tidak jadi takut terjadi kesalahan.

Karena merasa kebingungan, lantas saya cari info lagi dan baca berita yang tadi (karena gak baca semua beritanya) waktu saya baca saya menemukan seseorang yang mengalami problem yang sama yaitu nilai UN yang tertera di situs tersebut dengan nilai UN yang asli berbeda, berikut cuplikannya dari tribunnews
"Awalnya saya daftar di rumah pakai komputer. Lancar-lancar saja, tapi pas lihat hasil nilai UN anak saya di komputer, kok berubah tidak sesuai dengan aslinya. Pas saya mau daftar lagi, web nya malah eror," ujar Nurul yang ditemui di Kantor Disdik Kota Bogor, Jalan Pajajaran, Bogor Utara, Kota Bogor.
Lantas saya berpikir apakah servernya masih belum diperbaiki? karena merasa pusing dibuatnya ya mau bagaimana lagi, saya close saja situs tersebut dari browser saya. Saya buka twitter dan di twitter ramai dibicarakan tentang PPDB kota bogor yang kacau balau.

Pengalaman ini adalah pengalaman kali kedua saya yang merasa bahwa sistem online itu banyak sekali kesulitan. Pasalnya pada tahun lalu, tahun 2014 situsnya juga susah untuk diakses. Saya berpikir apakah panitia PPDB ingin mengulangi kesalahan yang sama?

Padahal tahun ini, tahun 2015 panatia PPDB kota bogor menggandeng BUMN yaitu pustekom. Yang seharusnya bersama pihak negara itu lebih mudah malah menjadi sulit. Padahal APBN negara untuk pendidikan terbilang begitu besar yaitu menurutu pasal 31 ayat (4) UUD 1945 yang berbunyi "Negara Memprioritaskan Anggaran Pendidikan Yang Sekurang-kurangnya Dua Puluh Persen dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara serta dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Untuk Memenuhi Kebutuhan Penyelenggaraan Pendidikan Nasional" padahal dengan anggaran seperti itu menurut saya itu sudah bisa membangun sebuah situs PPDB yang relavan. Dan saya berpikir apakah APBN yang sebegitu fantastis untuk pendidikan itu masih kurang untuk mengatasi PPDB online di kota bogor?

Pihak pustekom memang pihak dari negara atau BUMN yang diharapkan berkerja maksimal dan mendapatkan hasil yang bagus, tapi malah sebaliknya. Saya sebenarnya sudah mengaparesiasi kinerja dari pustekom yang sudah maksimal, tapi apa boleh buat masih seperti ini hasilnya.

Saya berharap untuk kedepannya dinas pendidikan kota bogor, pustekom dan semua pihak yang terlibat dengan PPDB kota bogor tahun 2015 dapat lebih baik lagi dan tidak membuat banyak orang kecewa. Dan untuk lebih dipersiapkan lagi sistem PPDB online agar lebih baik lagi.

Related Posts

Sistem PPDB Online 2015 Kota Bogor Yang Menegecewakan
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Subscribe articles from the blog is not spam and free

Bekomentarlah sesui topik. Saran, kritik dan referensi anda sangat dihargai oleh saya