2015-06-21

6 Tips Agar Tetap Bugar Saat Berpuasa

sehat
Image by okeinfo.net
Saat berpuasa di bulan ramadan kita diharuskan tidak makan dan minum dari terbit fajar sampai terbenamnya matahari. Saat berpuasa juga kita bisa sangat lelah karena kita tidak makan dan minum. Untuk itu kita dituntut untuk bisa menjaga kebugaran tubuh saat bulan ramadan agar tetap sehat dan bisa beribadah di bulan ramadan dengan leluarsa. Berikut ini saya memiliki beberapa tips agar tetap bugar saat berpuasa di bulan ramadan.

Jaga asupan nutrisi

Yang paling terpenting agar anda tetap bugar yaitu jaga asupan nutrisi yang masuk pada tubuh anda.. Seimbangkanlah karbohidrat, protein, serat dan vitamin agar anda tetap bugar. Biasakanlah untuk memakan buah - buahan dan sayur saat sahur agar stamina anda tetap normal.

Olahraga

Saat berpuasa jangan lupa untuk berolaraga. Ingat olahraganya jangan yang berat - berat, cukup yang ringan saja seperti lari, senam dsb. Olahraga membantu agar anda tetap bugar karena stamina anda terjaga dengan baik,

Hindari pekerjaan yang melelahkan

Anda juga harus menghindari pekerjaan yang bisa membuat anda lelah. Berpuasa pasti membuat anda memiliki stamina yang terbatas. Jadi cobalah untuk tidak melakukan yang bisa membuat anda lelah agar anda bisa menjaga kebugaran anda saat berpuasa.

Ikuti sunnah rasul

Sunnah rasul itu pasti benar. Sama halnya dengan yang satu ini. Rasul menganjurkan untuk sahur pada waktu sudah mau mendekati imsak atau matahari terbit, sementara berbuka rasul menganjurkan dengan makanan yang manis - manis seperti kurma, madu dan kolak.

Cukupi kebutuhan air putih

Air putih memiliki banyak manfaatnya bagi tubuh. Manfaat air putih bisa digunakan pada saat berpuasa. Pada saat anda berpuasa, anda pasti kehilangan banyak cairan karena anda tidak minum. Jadi tips dari saya pada saat sahur minumlah idealnya sih 4 gelas, sementara saat berbuka minumlah air putih 2 gelas dan saat malam atau mau tidur minumlah 2-3 gelas.

Tidur secukupnya

Pada saat berpuasa rata - rata kegiatan dijalankan malam hari seperti salat tarawih dan tadarus. Namun pada siang harinya anda pasti terasa lemas karena berpuasa dan membuat anda mala - malasan dan yang anda inginkan hanyalah tidur. Tidur berlebihan itu dampaknya buruk pada tubuh anda karena bisa membuat anda lesu dan lemah berlebihan, hal itu disebabkan zat - zat glukosa tidak berfungsi dengan baik. Sementara jika kekurangan tidur akan membuat kondisi tubuh anda kurang bugar.

Related Posts

6 Tips Agar Tetap Bugar Saat Berpuasa
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Subscribe articles from the blog is not spam and free

2 komentar

Tulis komentar
avatar
July 13, 2015 at 4:04 PM

hehehehehe ini nih , nice post gan. bisa di praktek in nih... hmmm sayangnya puasa tinggal bentar lagi :haha jadi ... ?? makan besaaar :g hehehe

Reply
avatar
July 13, 2015 at 6:28 PM

haha :haha sama saya juga mau makan besar di lebaran nanti

Reply

Bekomentarlah sesui topik. Saran, kritik dan referensi anda sangat dihargai oleh saya