2015-06-23

4 Makanan yang Hanya Dijual Ketika Ramadan

Ramadan adalah bulan suci yang memiliki banyak berkah. Berkah dari ramadan banyak sekali seperti dilipatgandakannya pahala yang kita dapat. Bulan ramadan memiliki berkah tersendiri bagi penjual dan pedagang makanan.

Ketika bulan ramadan terdapat beberapa keunikan tersendiri seperti yang satu ini, makanan. Dibulan puasa terdapat beberapa makanan yang banyak dijual dan bahkan hanya dijual ketika ramadan. Dan makanan tersebut sangat sulit didapat ketika hari - hari biasa. Berikut ini beberapa makanan yang hanya dijual ketika ramadan.

Kolak

kolak
Image by masteresep.com
Kolak adalah makanan asli indonesia yang berbahan dasar pisang atau ubi jalar yang direbus dengan santan dan gula aren. Kolak makin ngehits ketika bulan ramadan. Banyak pedagang yang menjual kolak saat bulan puasa. Kolak memiliki cita rasa yang manis dan paling cocok untuk berbuka karena rasa yang manis.

Kolak saat bulan ramadan banyak sekali dijual, anda tinggal jalan kedepan gang anda pun sudah menemukan makanan yang satu ini, tapi kalau bulan biasa atau bukan bulan puasa? kolak sangat sulit untuk ditemukan. Yah terpaksa jika ingin kolak pada bulan yang bukan bulan puasa anda harus membuatnya sendiri.

Blewah

Blewah
Image by manfaatnyasehat.blogspot.com
Blewah adalah salah satu buah yang untuk menyegarkan waktu berbuka puasa anda. Blewah sebenarnya masih ada kerabatan dengan buah melon, namun bentuknya liana dan seperti buah labu. 

Blewah terasa sangat mudah didapatkan ketika bulan puasa. Jika anda ingin membeli blewah saat ramadan, tidak perlu khawatir kesulitan menemukannya. Anda tinggal pergi ke pasar dan liat kiri kanan, pasti banyak yang jual buah yang satu ini. Tapi kalau bukan bulan puasa, ya susah deh dicarinya.

Timun suri

timun suri
Image by intisari-online.com
Timun suri adalah tumbuhan semusim penghasil buah anggota suku labu - labuan. Timun suri adalah salah satu bahan yang pas buat penyegar saat bulan puasa. Buah ini biasa dijadikan es buah saat bulan puasa.

Timun suri yang setengah masak biasa dijual secara musiman dibulan puasa. Buah ini banyak sekali dijual oleh pedagang dipasar. Tapi saat bukan bulan puasa, buah ini sulit untuk dicari.

Kolang - kaling

kolang kaling
Image by sp.beritasatu.com
Kolang kaling adalah nama cemilan kenyal dan berwarna putih transparan dan mempunyai rasa menyegarkan. Kolang kaling dibuat dari biji buah pohon aren yang pipih dan bergetah. Kolang kaling begitu menyegarkan ketika dicampur es buah untuk berbuka puasa.

Kolang kaling sangat mudah didapatkan jika ramadan. Anda tinggal pergi kepasar dan ketemu deh sama penjual kolang kaling. Tapi kalo bukan bulan puasa, anda pasti sulit mencarinya.

Related Posts

4 Makanan yang Hanya Dijual Ketika Ramadan
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Subscribe articles from the blog is not spam and free

8 komentar

Tulis komentar
avatar
June 23, 2015 at 4:03 PM

wah...jadi gak sabar buka puasa, nih. Apalagi ditemenin kolak sama kolang kaling

Reply
avatar
June 23, 2015 at 4:07 PM

kesukaan ane es buah gan ... seger :)

Reply
avatar
June 23, 2015 at 4:09 PM

walaupun saya bukan islam tapi menambah ilmu nih soal makanan pas ramadhan..

Reply
avatar
June 23, 2015 at 4:15 PM

pasti ajib tuh. kalo buka puasa ditemenin kolak sama kolang kaling

Reply
avatar
June 23, 2015 at 4:16 PM

:D maaf, di daerah ane cuma ada ini aja :D

Reply
avatar
June 23, 2015 at 4:18 PM

ya bener banget gan, apalagi ditambah timun suri dan blewah ajib deh

Reply

Bekomentarlah sesui topik. Saran, kritik dan referensi anda sangat dihargai oleh saya