2015-06-21

3 Cara Agar Anak Mau Berpuasa

puasa
Image by gulfnews.com
Anak adalah harta berharga bagi orang tua. Anak bisa menjadi soleh jika didik dari kecil sudah soleh dan bisa juga sebaliknya. Sebagai orang tua, anda harus mengajari hal yang baik dari kecil termasuk agama. Dalam agama, peran orang tua sangat penting bagi si anak agar si anak bisa menjadi seorang yang soleh dan solehah.

Karena sekarang bulan puasa, anda sebagai orang tua harus bisa membuat anak anda yang masih kecil untuk belajar berpuasa. Mengapa harus dari kecil? karena jika tidak dia nanti sudah besar tidak akan mau yang namanya puasa dibulan ramadhan.

Tapi mengajari anak berpuasa banyak kendalanya, seperti saat dibangunkan sahurnya susah, si anak tidak kuat menahan haus dan lapar. Sebenarnya sah saja sih, anak sulit untuk dibangunkan sahur dan dia tidak bisa menahan haus dan lapar karena dia masih kecil. Tapi anda harus berusaha agar si anak mau berpuasa, jika si anak tidak mau, terpaksa anda harus mengeluarkan cara - cara berikut ini. Tenang cara berikut ini tidak ada unsur kekerasan.

Diberi uang

Anak kecil sangat mudah sekali terpancing dengan yang namanya uang. Agar si anak mau untuk berpuasa, cobalah untuk mengiming - imingi si anak dengan memberi uang jika si anak berpuasa. Dengan cara diberi uang, si anak akan mau berpuasa dan lama kelamaan dia akan terbiasa akan yang namanya berpuasa.

Tapi ingat tidak selamanya anak diberi uang agar mau berpuasa. Memberi uang hanya sebagai pancingan agar anak mau berpuasa, jika si anak sudah terbiasa dengan yang namanya puasa, cobalah hentikan untuk tidak diberi uang dan nasehati dia tentang kebaikan berpuasa.

Memberi hadiah

Cara yang kedua hampir sama dengan cara yang pertam, kalau yang pertama itu uang sedangkan yang kedua itu hadiah. Hadiah membuat si anak tertarik dan menurut akan perkataan yang diperintah orang tua. Cobalah untuk mengiming - imingi anak anda hadiah, jika dia berpuasa dengan baik selama bulan ramadhan. Dan berilah hadiah tersebut pada hari raya idul fitri atau lebaran.

Yang ini juga sama dengan cara yang pertama, ingat tidak selamanya anak diberi hadiah agar mau berpuasa. Hadiah hanya sebagai pancingan agar si anak mau berpuasa.

Mengabulkan permintaan si anak

Yang terakhir adalah cobalah untuk mengabulkan permintaan si anak. Jika anak anda punya permintaan, kabulkanlah tapi anda juga harus memeberi syarat kepada anak anda agar permintaanya dikabulkan, yaitu berpuasa di bulan ramadhan.

Dengan seperti itu anak anda insyallah akan menuruti kata - kata anda, tapi anda jangan lupa dengan permintaan anak anda.

Related Posts

3 Cara Agar Anak Mau Berpuasa
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Subscribe articles from the blog is not spam and free

Bekomentarlah sesui topik. Saran, kritik dan referensi anda sangat dihargai oleh saya