2015-07-02

3 Amalan Yang Sering Dilakukan Orang Ketika Bulan Ramadhan

Bulan ramadhan memang bulan yang penuh dengan keberkahan. Dibulan ini juga banyak orang yang mencari amalan kebaikan untuk bekal akhiratnya. Pada bulan pahala akan dilipatgandakan. Tak heran banyak orang yang berlomba - lomba untuk mendapatkan pahala dibulan ramadhan.

Berikut ini adalah amalan yang sering dilakukan orang indonesia hanya pada bulan ramadhan, kalau bulan yang lainnya jarang ada yang ngelakuin.

1. Solat berjamaah

berjamaah
Image by beritasatu
Pada bulan - bulan biasa coba cek mesjid disekitar rumah anda ketika sedang waktunya solat, paling cuma 1 atau shaf, hal sebaliknya jika sedang bulan ramadhan. Ane yakin deh pasti yang solat bertambah banyak. Apalagi saat solat magrib, isya dan shubuh, dari yang tadinya hanya 1 shaf bisa menjadi 3 shaf. Apalagi jika pas awal bulan ramadhan, dari yang 1 shaf bisa 5 shaf.

Hal tersebut bisa terjadi menurut ane karena pada saat bulan ramadhan kan pahala dilipatgandakan, sedangkan solat berjamaah itu keutamaannya berkali - kali lipat dibandingkan solat sendirian. Jadi pemikiran orang indonesia yaitu jika pahala dibulan puasa sudah dilipatgandakan terus ditambah sama pahal solat berjamaah pasti pahala yang didapat pasti besar. Terus menurut ane juga, katanya banyak yang ngomong kalau pas ramadhan setan pada dikurang, mungkin itu sebabnya yang tadinya males solat berjamaah di mesjid, jadi pada mau solat berjamaah karena setan itu menganggu pikiran seseorang yang tadinya rajin menjadi malas (jika iman tidak kuat) :D, dan jika tidak ada setan pasti orang tidak akan malas solat di mesjid.

2. Tadarus Al - Qur'an

tadarus
Image by jilbabindonesia
Bulan ramadhan bisa membuat orang yang tadinya memiliki sifat buruk, tiba - tiba sifat buruknya itu menjadi hilang dan dia berusah menjadi orang yang baik. Sama halnya dengan orang yang tadinya jarang membuka al - qur'an saat hari - hari biasa, tiba - tiba dia mulai membuka al - qur'annya dan membacanya. Hal ini juga berdampak pada orang yang sudah terbiasa baca al - qur'an, dari yang tadinya hanya membaca 1 sampai 10 lembar di hari - hari biasa, tapi kalau bulan ramadhan bisa 2x sampai 3x lipat atau bahkan bisa satu juz dalam satu kali baca.

3. Sedekah

sedekah
Image by dani sains
Seseorang bisa menjadi sangat dermawan saat bulan ramadhan. Tapi kalau hari - hari biasa di bisa menjadi sangat pelit. Banyak orang yang bersedekah ketika ramadhan, tapi kalau hari - hari biasa jarang ada yang sedekah. Sedakah itu bisa dengan memberi uang, makanan ataupun pakaian.

Untuk bersedekah kepada pengemis anda harus berhati - hati. Mengapa? karena saat ramadhan banyak orang yang mampu dan benar - benar tidak miskin menjadi seorang pengemis. Apalagi kalau di jakarta, dijamin setiap lampu merah pasti ada pengemis. Untuk sedekah lebih baik anda memberika sedekah anda kepada lembaga sedekah yang sudah terpercaya agar barang atau uang yang anda sedekahkan sampai kepada orang yang benar.

Related Posts

3 Amalan Yang Sering Dilakukan Orang Ketika Bulan Ramadhan
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Subscribe articles from the blog is not spam and free

6 komentar

Tulis komentar
avatar
July 2, 2015 at 2:09 PM

alhamdulillah saya amalin semu gan :)

Reply
avatar
July 2, 2015 at 2:44 PM

harus giat lagi bersembahyang dibulan penuh berkah ini

Reply
avatar
July 2, 2015 at 2:46 PM

Ada satu lagi om, puasa tentunya

Reply
avatar
July 2, 2015 at 6:30 PM

Kayaknya ente amalin hanya bulan puasa aja deh :g

Reply
avatar
July 2, 2015 at 6:32 PM

giatin biar dapet banyak pahala :)

Reply
avatar
July 2, 2015 at 6:33 PM

puasa sudah pasti, kan ramadhan :haha

Reply

Bekomentarlah sesui topik. Saran, kritik dan referensi anda sangat dihargai oleh saya